Etika dalam bergaul sangat dibutuhkan bagi siapapun. Entah itu di rumah, kampus, sampai di lingkungan sekitar. Begitu juga dengan mempunyai sopan santun ketika dipanggil wawancara kerja.
Salah-salah, jika kalian beretiket buruk, dapat menyebabkan hilangnya kesempatan dalam bekerja sampai menimbulkan kecanggungan sosial. Tapi, bagaimana caranya ya menghilangkan sikap buruk tersebut?
Gampang kok untuk menghindari semua itu. Berikut ada empat aturan etiket yang bisa kamu terapkan agar bisa merebut pekerjaan impianmu. Setidaknya, jika kamu belum memutuskan untuk bekerja, etiket ini sudah melatih kamu.
1. Matikan ponsel.
Ketika kuliah berlangsung, setiap kampus pasti mengingatkan mahasiswanya bahwa ponsel harus di nonaktifkan agar fokus ke mata kuliah maupun dosennya. Lizzie Pos dari Emily Post Institute mengatakan, jika kamu sedang berbicara dengan orang-orang penting seperti penasihat akademik, tidak boleh meninggalkan ponsel kamu di atas meja.
"Itu sangat tidak sopan untuk berbicara, karena membuat semua orang di sekitar kamu termasuk penasihat akademik tampak kurang penting," kata dia, seperti dilansir dari laman Her Campus, Senin (18/11/2013).
Selain itu, menurut pendiri The Etiket, Evelyn A. Matthews, jika kamu sedang menunggu ada panggilan telepon yang benar-benar penting dan tidak ingin melewatkannya, jelaskanlah di awal. Lalu taruh telepon kamu dan simpan di saku. "Jangan biarkan di atas meja, ibaratnya seperti bom waktu yang siap meledak".
2. Ucapkan terima kasih.
Ingin cara cepat dan mudah untuk membuat diri kamu menonjol dari ramainya para pelamar kerja? Kirim catatan terima kasih! "Catatan terima kasih harus ditulis dalam waktu 24 jam," kata Direktur Sekolah The Etiket, Naomi Torre.
Dua atau tiga kalimat dalam badan e-mail untuk mengungkapkan rasa terima kasih yang telah kamu lakukan. Jangan lupa untuk menindaklanjuti dengan tulisan tangan terima kasih berupa catatan juga, karena ini benar-benar penting. Catatan terima kasih tidak hanya untuk setelah wawancara saja, tapi untuk dalam kehidupan sehari-harinya.
3. Makan harus sesuai table manner.
Makan merupakan hal yang sangat sepele untuk dilakukan. Tapi, makan juga mempunyai etika tersendiri sehingga kita tidak berantakan sehingga orang yang ada di sekeliling kita tidak merasa risih.
Cara-cara makan yang baik adalah mengunyah dengan mulut tertutup, menelan sebelum berbicara, tidak mengacak-acak makanan, dan mencoba untuk tidak mendekatkan wajah ke piring makanan. Sejauh kerumitan perihal etiket makan, jangan mepermasalahkan hal-hal kecil, tetap lah sopan.
4. Tepat waktu.
Hanya karena datang wawancara pada urutan akhir dalam daftar, tidak berarti kalian harus datang tidak tepat waktu. Ketepatan waktu sangat penting. Kamu pastinya enggak mau dong membuat mereka menunggumu.
Jika kamu mendambakan suatu pekerjaan di sebuah perusahaan, susun peluang yang kamu tidak inginkan. Seperti selalu terlambat, rencanakan untuk tiba 10 menit lebih awal. Dengan cara itu, bahkan jika kamu kepagian, akan menyelamatkanmu. Yang penting tepat waktu!